Body Treatment

Just another WordPress.com weblog

Perawatan Tumit Kaki April 9, 2008

Filed under: Perawatan Tubuh — canmanpink @ 11:38 am

Kaki walaupun  jarang terlihat penampilannya karena  memakai pakaian tertutup namun kesehatan dan kecantikannya harus tetap mendapat prioritas. Begitu pula dengan bagian-bagian kaki.  Apa dan bagaimana untuk mencapai hal tersebut berikut ini kami berikan beberapa macam perawatan kaki.

a. 4 Langkah Mencegah Tumit Kasar

Bagian mana dari tubuh Anda yang paling sering terluput dari perhatian? Jawabannya adalah bagian tumit atau telapak kaki. Coba tengoklah telapak kaki Anda sebagai bagian terbawah dan tersering luput dari perhatian! Raba dan rasakan.

Terasa kasar, kering dan pecah-pecah? Seringkali timbul penumpukan sel-sel kulit mati yang membuat telapak kaki Anda terlihat kusam dan kotor. Atau mungkin belum terlalu terasa saat dipegang tapi sudah cukup jelas tanda-tandanya? Segera lakukan langkah-langkah di bawah bila ingin terlihat cantik secara menyeluruh.

1. Sepatu

Belilah dan kenakan sepatu yang pas di kaki Anda! Sepatu yang kekecilan ataupun kebesaran akan membuat kulit kaki tergesek-gesek dan menjadi pecah-pecah.

2. Gonta-ganti

Tidak seperti gonta-ganti pasangan yang bisa membuat Anda rentan terkena penyakit, rajin gonta-ganti alas kaki malah akan membuat kaki Anda lebih segat dan enak dilihat. Menggunakan alas kaki yang sama terus menerus setiap hari akan menyebabkan lapisan kulit kaki Anda pecah-pecah. Siasati dengan menggantinya setiap hari. Bila hari ini Anda ditemani high heels seharian, usahan esoknya ganti dengan flat shoes, demikian seterusnya.

3. Selamat tinggal kerak!

Rajin-rajinlah melakukan pengelupasan kerak pada kulit kaki Anda. Gunakan saja batu apung untuk menggosok kaki di bawah guyuran air shower atau keran. Gosok dengan gerakan berputar, membentuk lingkarankecil pada kulit kaki, terutama pada tumit. Jika rutin dilakukan, maka kulit kaki akan lebih halus.

4. Lotion sakti

Jangan lupa juga untuk mengoles lotion yang mengandung formula AHA (Alpha Hydroxy Acid) atau petroleum jelly untuk mengeksfoliasi kulit kaki Anda yang sebelumnya telah dihaluskan oleh batu apung. Untuk hasil yang maksimal, tutup dengan kaus kaki setelahnya.
b.Tumit Indah Tak Lagi Pecah-Pecah

Bagi Anda yang senang mengenakan high heels, pastinya akan merasa sangat terganggu jika kulit seputar tumit jadi pecah-pecah. Anda mungkin sudah tahu bagaimana cara mengatasinya, namun tahukah Anda bagaimana cara mencegah agar tumit tetap tampil indah? Coba intip tips berikut ini..

Tumit yang pecah-pecah memang sangat mengganggu penampilan. Mungkin Anda sudah tahu bahwa gangguan tersebut bisa diatasi dengan cara menggosoknya memakai batu apung. Namun bagian yang tersulit adalah mempertahankannya agar tidak pecah-pecah lagi. Lalu apa rahasianya agar tumit tidak lagi tampak bak parutan? Coba ikuti langkah-langkah berikut :

1. Rendam kaki dengan air suam-suam kuku.

2. Gosoklah kaki perlahan dengan batu apung, atau penggosok khusus untuk tumit kaki.

3. Angkat dan keringkan kaki dengan handuk

4. Usapkan krim untuk melembabkan kaki, terutama pada bagian yang pecah-pecah. Bila keadaannya sudah parah, Anda bisa menggunakan krim khusus untuk tumit pecah-pecah (bisa didapat di supermarket atau apotik terdekat

5. Kenakan kaus kaki saat tidur, agar kelembapannya terjaga.

Satu hal yang juga tak kalah penting, sebaiknya hindari pemakaian sepatu dengan tumit terbuka karena bisa membuat tumit menjadi kering. Selama masa ‘penyembuhan’ gunakanlah dulu sepatu model tertutup, misalnya loafer, dan kenakan pula kaos kaki supaya kelembaban pada area tersebut tetap terjaga.

c. Usir Aroma Kaki Tak Sedap

Sebagian orang dikaruniai kelenjar keringat berlebih sejak lahir. Maka tak heran tubuhnya mudah sekali berkeringat dan sering kali dalam jumlah yang banyak.

Jika keringat yang muncul hanya sebatas di wajah atau leher mungkin tak terlalu masalah, nah bagaimana jika keringat itu seringkali muncul di area yang tertutup seperti kaki, misalnya? Biasanya malah menyebabkan timbulnya aroma-aroma tak sedap pada kaki.

Tapi tak perlu minder apalagi sampai menyingkirkan sepatu kesayangan. Asal Anda tahu triknya, kaki Anda pasti tak akan mengeluarkan aroma tak sedap lagi.

1. Jaga kebersihan! Bagian tertutup yang sering berkeringat seperti di sela-sela jari, harus selalu dijaga kebersihan dan kelembabannya. Gunakan sabun maupun bedak khusus anti jamur dan bakteri.

2. Pewangi bukan memecahkan masalah. Sebaiknya jangan menggunakan produk yang mengandung wewangian untuk menghilangkan bau, karena selain sifatnya sementara juga justru menimbulkan bau lain yang lebih tajam dari sebelumnya.

3. Koleksi kaus kaki yang banyak. Ganti kaus kaki setelah melakukan aktivitas untuk mencegah berkembang biaknya bakteri dan jamur pada kaki. Bahan sintetik bisa menjadi pilihan yang tepat karena berdaya serap tinggi.

4. Koleksi sepatu juga! Mempunyai beberapa pasang sepatu untuk setiap kegiatan yang berbeda akan sangat membantu. Misalnya, sepatu untuk bekerja tidak digunakan saat bersantai maupun berolahraga. Ini juga akan mengistirahatkan kaki Anda.

5. Pilih-pilih bahan. Sepatu atau sandal yang terbuat dari plastik sebaiknya jadi pilihan terakhir karena akan membuat kaki cepat panas dan berkeringat.

6. Last but not least, makanan! Jenis makanan pedas akan membuat tubuh cepat berkeringat. Pasalnya, ini juga akan merangsang timbulnya bau akibat bakteri dan jamur tersebut. Jadi sebaiknya dihindari atau jangan terlalu sering.

d. Rawat Kaki Bagi Pecinta High Heels

Jika kaki bisa bicara, mungkin ia akan mengajukan serangkaian keluhan maupun protes. Kaki memang salah satu anggota tubuh yang sangat berperan dalam penampilan. Bagaimana cara perawatan terbaik untuk memanjakan kaki? Yuk kita intip..

Berjalan kaki merupakan kegiatan yang paling sering kita lakukan baik dalam jarak jauh maupun dekat. Karena itu penting sekali memberikan perawatan yang tepat untuk kaki terutama bagi Anda yang gemar mengenakan high heels. Luangkan waktu senggang Anda di rumah untuk merawat kaki yang meliputi jemari sekaligus kukunya, dengan langkah-langkah praktis berikut:

1. Potong dan ratakan kuku agar terlihat rapi.

2. Rendam kaki dengan air hangat yang telah dicampur dengan bath gel, beberapa tetes minyak zaitun dan garam secukupnya selama 5-10 menit untuk melemaskan otot kaki dan melembabkan kutikula kuku.

3. Dengan menggunakan batu apung. Kikislah kulit kering dan kulit mati pada jari kaki. Lakukan sebentar saja dengan gerakan memutar secara lembut. Cucilah kaki sesudahnya. Keringkan dengan handuk lembut lalu oleskan foot lotion (krim khusus kaki) atau pelembab biasa untuk menghaluskan tumit dan seputar kaki sampai betis. Lakukan pijatan ringan pada kaki yang bertujuan untuk relaksasi.

4. Sempatkan untuk menyikat kuku setiap kali Anda mandi agar sisi-sisi kuku tetap bersih dan tetap sehat.

5. Bila tumit Anda mengalami pecah-pecah, ada cara tradisional untuk mengatasinya. Ternyata labu siam banyak mengandung getah serta zat yang mengandung banyak protein, lemak, kalsium,fosfor dan besi yang berkhasiat untuk mengatasi tumit yang pecah-pecah. Ambil satu buah labu siam kemudian dipotong, lalu getahnya dioleskan pada tumit yang pecah-pecah itu. Biakan sampai kering lalu cuci.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s