Body Treatment

Just another WordPress.com weblog

Diet Mediteranea Perpanjang Hidup Oktober 5, 2008

Filed under: Tips - Tips Hidup Sehat — canmanpink @ 5:16 pm

Pola makan ala mediteranea dapat membantu anda untuk memperpanjang usia, demikian hasil penelitian yang mempelajari bagaimana pola makan berkaitan dengan kematian di kalangan penduduk Amerika.

Kaum pria yang pola makannya mendekati pola makan ideal ala mediteranea dikatakan 21% berkurang resiko menuju kematian selama lima tahun ke depan dibandingkan dengan kaum pria yang pola makannya yang jauh dari pola makan ala Mediteranea. Demikian pula diperoleh hasil yang serupa pada kelompok perempuan.

“Hasil penelitian ini memberikan bukti kuat adanya manfaat dari pola makan ala Mediteranea berkaitan dengan resiko kematian dari berbagai sebab termasuk penyakit yang berhubungan dengan organ jantung, serta kanker di tengah-tengah masyarakat AS,” kata Dr. Panagiota N.Mitrou beserta rekan-rekannya dari Universitas Cambridge di Inggris.

Sejumlah penelitian lainnya yang memiliki kaitan dengan pola makan ala Mediteranea yang banyak asupan ikan, buah-buahan serta sayuran serta kacang-kacangan serta sedikit makanan hasil olahan ternak seperti susu, keju mentega serta jumlah yang sangat sedikit daging berwarna merah yang memberikan manfaatnya bagi kesehatan, demikian para peneliti memberikan catatan yang mereka muat dalam jurnal the Archives of Internal Medicine.

Mereka meneliti pola makan dan angka kematian dari 380.296 pria dan wanita usia dari 50 hingga 701 tahun yang ikut serta dalam program penelitian pola makan dan kesehatan Lembaga Kesehatan Nasional AARP.

Dari dua kelompok baik pria maupun wanita para peneliti menemukan resiko kematian yang disebabkan oleh berbagai penyebab selama lima tahun angka kematian rendah pada kelompok yang mengikuti pola diet yang paling dekat dengan pola ideal ala Mediteranea. Angka kematian akibat penyakit jantung atau kanker juga rendah di kalangan kelompok ini .

Manfaat tampak sangat nyata bagi kelompok perokok yang tidak memiliki kelebihan berat badan yang berhasil menekan resiko kematian sebesar 50% setelah mereka mengikuti pola makan ala Mediteranea.

Kelompok perokok dikatakan adalah kelompok yang paling diuntungkan dari pola makan yang kaya akan unsur anti-oksidan serta memiliki dampak menurunkan kadar lemak dalam darah dari cara makan ala Mediteranea kata Mitrou dan rekan-rekannya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s