Body Treatment

Just another WordPress.com weblog

Malaikat Penjaga Jantung Itu Ternyata Tumbuhan November 30, 2008

Filed under: Tips - Tips Hidup Sehat — canmanpink @ 9:47 am

Jantung merupakan salah satu bagian paling vital pada tubuh karena itu kesehatan jantung benar-benar harus dijaga dengan baik dan teratur. Menjaga kesehatan jantung selain dengan pola hidup sehat, juga harus memperhatikan pola makan yang benar. Lalu makanan seperti apa yang dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung? Inilah dia..
Bahan pangan berikut ini sering dijuluki si penjaga kesehatan jantung karena benar-benar bermanfaat bagi kelangsungan kerja jantung. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsilah dalam jumlah yang wajar dan bervariasi. Hindari juga makanan yang terlalu berlemak (lemak jenuh).

  • Omega 3 (asam lemak esensial)
    Berjuluk ‘cardio-protective’ alias si penjaga jantung, karena kandungan lemak sehatnya bisa menurunkan trigliserida dan kolesterol. Banyak ditemukan di dalam flaxseed, walnut, dan biji labu kuning
  • Oat (havermut)
    Karena banyak mengandung serat terlarut, oat sangat ampuh menjerat dan mengikat kolesterol dalam saluran pencernaan, lalu membuangnya bersama-sama faeses.
  • Polong-polongan
    Selain kaya serat, jenis sayuran polong (kedelai dan hasil olahannya, kacang merah, kacang hijau, kacang polong, buncis dll) merupakan sumber asam amino esensial. Tinggi protein dan bebas kolesterol.
  • Kacang-kacangan
    Walnut, almond, dan pecan adalah sumber lemak sehat (lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda). Lemak ini membantu mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam darah. Kacang-kacangan juga kaya akan vitamin E.
  • Sayuran daun berwarna hijau
    Bayam, sawi hijau, kailan adalah beberapa contoh jenis sayuran daun berwarna hijau yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Mengandung zat besi dan kaya vitamin B, termasuk asam folat.
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s